Rabu, 04 November 2009

TUTORIAL HANDPHONE



TUTORIAL HANDPHONE
Problem atau trouble yang biasa ditemukan pada ponsel dapat dikategorikan menjadi
3 kategori kerusakan yaitu :
Kategori Problem Software
Kategori Problem Hardware
Kategori Problem SW dan HW nya
Problem handphone dan solusinya
1. Ponsel mati total
Ponsel mati total ada 3 macam, yaitu mati total karena
mati sendiri,
mati total karena jatuh, dan
mati total karena kena air.
a. Mati total karena mati sendiri.
Penanganannya :
Pertama dapat dilakukan langkah-langkah awal sebagai berikut
- Lepas battery lalu pasang lagi atau coba pakai battery lain dan coba hidupkan
- Periksa konektor battery dan coba tekan untuk melihat tingkat lentur atau tidak,
bila rusak ganti yang baru.
- Pasang charging pada ponsel, bila indikator masuk dan ponsel di hidupkan tetap tidak mau, maka jelas ponsel anda tidak bisa hidup karena gangguan dari IC PA (Power Amplifier). Setelah IC PA dicabut ponsel anda bisa di hidupkan lagi. Dan supaya ada signal maka harus dipasang IC PA yang baru.
- Bila di pasang charging indikator tidak ada dan ponsel di on tetap tidak mau hidup maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut memakai power suply. Tetapi ada kemungkinan juga terdapat timah yang jelek pada PCB, solusinya cabut IC PA, lalu bersihkan timah pada PCB dimana IC PA menempel, pasang kembali IC PA yang lama, HP nyalakan, pasti nyala.
Pemeriksaan dengan power supply :
Diperlukan power supply dengan skala ampere sebesar 1 ampere (A) atau 1000 mA.
Dengan tujuan agar pemeriksaan bisa lebih mudah dan jelas.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Pasang kabel dari power supply ke konektor battery ponsel sebanyak minimal 3 kabel, dengan urutan negatif, BSI dan positip. (warna hitam, hijau dan merah)
- Arahkan volt pada power supply 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V)
- Ponsel dalam keadaan off, lalu tekan tombol on
- Bila arus (amper) pada penunjuk amper digital dipower supply saat ditekan tombol on, diam saja berarti ada problem pada hardware nya (HW), maka perlu dilakukan pengecekan dari komponen on/off sampai pada battery.
- Bila amper saat ditekan tombol on, naik sekitar ? 50 mA, maka problem yang terjadi adalah masalah software (SW), maka yang perlu dilakukan adalah HP diprogram ulang (flash) atau program diupgrade ke versi yang lebih tinggi.
b. Mati total karena jatuh.
Penanganannya :
- HP tidak boleh dites dengan menggunakan power supply, tetapi terlebih dahulu HP harus dibongkar, dipanasi, dan direposisi kembali letak/posisi komponen yang berubah sebagai akibat dari HP yang jatuh tadi.
- Setelah itu HP baru boleh dites menggunakan power supply untuk mengetahui kerusakan pada Hardware (HW) / Software (SW).
- Kemungkinan besar komponen yang rusak sebagai akibat dari HP yang jatuh tadi adalah IC PA / IC Power.
c. Mati total karena kena air.
Penanganannya :
- Untuk HP yang kena air juga pertama kali tidak boleh dites dengan menggunakan power supply, karena beresiko terjadi hubungan pendek antar komponen didalam air, tetapi HP terlebih dahulu harus divakum,dipanasi,atau diblower dengan terlebih dahulu diberi cairan pembersih IPA, juga bisa menggunakan butir silika untuk menyerap air yang ada pada HP.
- Setelah HP dipastikan telah kering sungguh, maka kita boleh menggunakan power supply untuk mengetahui terjadi kerusakan pada Hardware (HW) atau Software (SW).
- Pada HP yang terkena air, biasanya terjadi kerusakan pada aksesoris HPnya.
2. Ponsel mati total karena IC UI.
Pada kasus HP seperti ini maka dibutuhkan alat test yaitu power supply.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Hubungkan power supply pada ponsel, beri tegangan (volt) sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V)
- Pada saat ponsel dalam keadaan off, lihat jarum ampere pada power supply akan naik sebesar 100mA.
- Ponsel akan langsung hidup, LED menyala, VIBRA bergetar.
Penanganannya :
- Lepaskan IC UI, lalu hidupkan ponsel.
- Maka ada tampilan pada LCD ponsel “Insert SIM Card”.
- Pasang IC UI yang baru.
- Hidupkan ponsel, maka ponsel akan bekerja dengan baik.
3. Ponsel mati total karena IC CPU.
Untuk mengetahui apakah ponsel mati total karena IC CPU adalah sebagai berikut :
- Beri tegangan (volt) pada ponsel dengan menggunakan power supply sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V).
- Pada saat ponsel belum dinyalakan, jarum ampere diam, tetapi apabila ponsel sudah dinyalakan maka jarum ampere akan naik 100mA.
Penanganannya :
- Apabila IC CPU masih dalam kondisi yang baik, maka kita hanya perlu memanasi IC CPU dengan menggunakan blower saja, tetapi apabila IC CPU rusak, maka kita perlu mengganti dengan IC CPU yang baru. Sebelum kita mengganti IC CPU kita terlebih dahulu harus mempunyai lem anti panas dan cairan penghancur lem anti panas, sebab IC CPU dilindungi oleh lem anti panas, setelah kita menghancurkan lem anti panas, baru kita bisa memanasi (blower) IC CPU untuk diganti yang baru. Demikian pula setelah kita mengganti IC CPU dengan yang baru maka kita perlu memberikan lagi lem anti panas untuk melindungi IC CPU yang baru kita ganti tersebut.
4. Ponsel mati total pada saat kita melakukan panggilan.
Untuk melakukan pengetesan kita gunakan power supply dengan cara :
- Hubungkan ponsel dengan power supply, beri tegangan (volt) sebesar 3,6 V (atau sesuai Hp-nya dengan toleransi 0,5 V) pada ponsel.
- Jarum ampere tidak akan bergerak pada saat ponsel masih dalam keadaan mati.
- Kita nyalakan ponsel lalu dipakai untuk melakukan panggilan, maka jarum ampere akan menunjukkan angka diatas 400mA.
Penanganannya :
- Ganti IC PA dengan yang baru, setelah itu lakukan pengetesan ulang seperti yang diatas, apabila dari hasil tes jarum ampere menunjukkan angka dibawah 400mA, maka ponsel sudah dalam keadaan baik.
CONTAK SERVICE
Kesalahan pada ponsel seperti ini berarti bahwa software ponsel dapat berjalan normal, dan karena itu kemampuan dari IC Power (CCONT) dapat bekerja. Fungsi selfttest berjalan ketika power dinyalakan dan software dijalankan dari flash. Jika ada selfttest yang gagal, teks "Contact Service" akan ditampilkan di LCD. Kesalahan pada umumnya :
- Checksum MCU ROM gagal, coba lakukan program ulang (flash) ponsel anda. Jika ponsel anda masih tidak benar setelah di program ulang (flash), solder mesin dan coba untuk update software ponsel anda sekali lagi
- Interface CCONT gagal, kemungkinan besar disebabkan CCONT rusak atau penyolderannya yang rusak atau kurang baik. Kesalahan hampir pasti disebabkan oleh MAD atau PCB (jalurnya) yang rusak.
- Paralel/serial COBBA gagal, kemungkinan disebabkan oleh IC COBBA rusak atau penyolderannya yang rusak atau kurang baik. Coba gantilah COBBA. Jika masih gagal, kesalahan disebabkan karena MAD atau PCB (jalurnya) rusak.
- Cek software
TROUBLESHOOTING DAN FUNGSINYA
AntenaSwitch
Fungsi : Sebagai pengolah dan penyempurna serta menyatukan tegangan signal RX dan signal TX.
Trouble Shooting:
Tidak ada jaringan
Hanya keluar salah satu jaringan saja
Signal naik turun
Pada saat sinyal tampil hp langsung mati
ICAudio(COBBA)
Fungsi : Sebagai pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, kemudian diperkuat dan diteruskan kepada speaker, memperkuat getaran suara yang telah diubah terlebih dahulu oleh mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF, menjalankan perintah dari CPU. Pada IC Audio juga terdapat PCM (Pulse Code Module) dan EEPROM yang berfungsi untuk membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan IMEI ponsel. Disamping itu juga berfungsi untuk menyimpan data-data yang bersifat permanen seperti imei, phone code, dsb.
Trouble Shooting:
Contact Service
Blank hitam pada LCD
Signal naik turun
Sepiker dan Mic mati
ICCPU
Fungsi : CPU merupakan serangkaian komponen elektronika yang terintegrasi dan akan berfungsi sesuai dengan tugasnya masing-masing. Komponen ini mempunyai tugas yang sangat signifikan, karena komponen ini merupakan otak dan suatu ponsel. Dengan kata lain CPU adalah pusat dan sistem kerja ponsel.

Trouble Shooting:
Mati total (Matot)
Tidak ada jaringan
Restart
Tiba-tiba hp mati sendiri
Contact Service
LCD blank
ICPower(CCONT)
Fungsi : Sebagai pensuplai tegangan arus listrik kepada masing-masing komponen sesuai dengan kebutuhannya.
Trouble Shooting:
Mati total (Matot)
Insert simcard
Contact Service
Restart
Not charging
Blank hitam pada LCD
ICUEM
Fungsi : Sebagai pensuplai tegangan arus listrik kepada masing-masing komponen sesuai dengan kebutuhannya. Pada IC UEM ini merupakan gabungan dari IC Power, IC UI, IC Charging.
Trouble Shooting:
Mati total (Matot)
UPP Bad Respon 02
Error data 2 ( Tornado )
Contact retailer / contact service
Phone restic ( cek IMEI ??????? )
ICFlash
Fungsi : Komponen ini sebagai media penyimpanan data pada ponsel yang tidak permanen dalam kata lain dapat diubah atau ditambah dengan data-data yang berada pada komputer. Alat ini sama fungsinya dengan hard-disk pada komputer.
Trouble Shooting:
Restart
Tiba-tiba hp mati sendiri
Contact Service
LCD blank
Mati total
Salah satu data hilang dati menu
EEPROM (Electrically Erase Programable Read Only Memory)
Fungsi : Sebagai tempat penyimpanan data pada ponsel yang dirancang tidak tergantung dengan adanya arus listrik dari ponsel tersebut, karena sudah ada battery khusus atau arus listrik yang telah dimilikinya, biasanya komponen ini menyimpan data pabrik seperti IMEI1, IMEI2, Security Code, Versi program dan tanggal pembuatan. Namun untuk ponsel merk Nokia keluaran terbaru data yang terdapat pada komponen ini tidak dapat diubah.
Trouble Shooting:
Mati total (software )
MCU(MasterControlUnit)
Fungsi : Data yang ada di dalam ponsel yang terletak berada pada IC Audio, data ini bersifat permanen atau sudah dari pabrik, seperti : versi program ponsel, IMEI, tahun pembuatan, dan phone code.
Trouble Shooting:
Mati total ( software )
ICRAM
Fungsi : Komponen ini pada dasarnya merupakan tempat penyimpanan data juga, tapi sifatnya hanya sementara, karena komponen ini cara kerjanya tergantung pada arus listrik yang terdapat dalam komponen tersebut. Jika ponsel dimatikan maka secara langsung data yang terdapat dalam komponen tersebut akan hilang dengan sendirinya. Komponen ini sangat berkaitan erat dengan aktifitas CPU. Semakin besar kapasitas dari RAM maka akan baik Dula kinerja dari CPU, tetapi jika RAM mengalami kerusakan maka CPU tidak bisa bekerja.
ICCharging
Fungsi : Komponen ini akan bekerja secara otomatis pada saat pengisian yang bekerja hanya untuk mengisi tegangan battery yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Pengontrol.
Trouble Shooting:
No charging
Nyedot batre
ICUI
Fungsi : Sebagai pengontrol data yang diperintahkan oleh IC CPU pada Vibrator, Buzzer, Led dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam ponsel.
Trouble Shooting:
Mati total
Tidak ada getar
Dering mati
Led mati
ICPA
Fungsi : Sebagai pengontrol tegangan sinyal TX serta penguat akhir sinyal yang akan dipancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat pada ponsel.
Trouble Shooting:
Sinyal keluar kemudian hilang
Tidak transmit
Mencari jaringan
Nyedot batre
Mati Total (Matot)
ICRF(HAGAR)
Fungsi : Sebagai pengontrol sinyal RX (masuk) dan TX (keluar), agar setiap bagian dapat bekerja dengan baik. Komponen ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu: IF, Mixer, Osilator, Detektor, Enkoder, Dekoder, AFC, Tone Frequency danSquelch.
Trouble Shooting:
Mencari jaringan
Keluar salah satu jaringan
Mati Total (Matot)
Restart
Blank Putih pada LCD
ICVCO(VoltageControlOscilator)
Fungsi : Sebagai osilator/pembangkit frekuensi yang akan dikirim melalui bagian TX (pemancaran) dan frekuensi yang masuk melalui bagian RX (penerimaan) agar tetap sama dengan yang dipancarkan. Disamping itu piranti ini juga berfungsi sebagai pengatur tegangan pulsa dari RF Signal Processor.
Trouble Shooting:
Hanya salah satu kartu yang bias digunakan
Mencari jaringan ( serching )
Sinyal keluar kemudian hilang
LCD (Liquid Crystal Display)
Fungsi : Sebagai alat yang akan menampilkan semua aktifitas dan ponsel, sebagai media komunikasi baca dan tulis pada ponsel.
Trouble Shooting:
Blank
Tulisan terbalik/berantakan
Pecah
Keypad
Fungsi : Sebagai peralatan input yang memberikan perintah data kepada CPU ponsel untuk diproses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang berkaitan dalam ponsel.
Trouble Shooting:
Blank
Tulisan terbalik/berantakan
Pecah
Battery
Fungsi : sebagai sumber arus listrik yang diperlukan untuk memberikan arus listrik pada ponsel. Battery untuk ponsel ada beberapa macam, yaitu Nickel-Metal Hydrate (NiMH), Lithium-Ion (LiON), dan Lithium-Poly¬I RI- (LiPoly)
Trouble Shooting:
Ngedrop
Pada saat melakukan panggilan, hp langsung mati
Lampu LCD berkedip kedip
Charging gagal

SINYAL ADA KEMUDIAN HILANG
Problem : Sinyal pada ponsel tidak stabil, terkadang kuat, terkadang lemah.
Prosedur perbaikan :
Periksa apakah ponsel bisa digunakan untuk mencari jaringan dengan cara manual. Jika ponsel tidak bisa mencari jaringan secara manual, maka IC RF (HAGAR) rusak, gantilah IC RF (HAGAR).
Periksa juga apakah jalur ke IC PA tidak terputus.
Apabila sebaliknya ponsel bisa mencari jaringan dengan cara manual, maka IC PA yang rusak, gantilah IC PA.
Setelah hardware dari ponsel sudah diuji dan diperbaiki namun masalah tetap muncul, kita perlu memprogram ulang/flash ulang software ponsel sesuai dengan jenis dan versi ponsel atau dengan versi yang lebih baru dari versi software ponsel sebelumnya.
Nyalakan ponsel anda, maka ponsel anda akan berfungsi dengan nor¬mal kembali.
SIM CARD
Modul IC Power (CCONT) bekerja tidak hanya untuk modul power suplai seluruh mesin, tetapi juga sirkuit komunikasi antar SIM card dan CPU. Jika penyolderan yang jelek dan kerusakan dalam bagian-bagian modul IC Power ( CCONT), muncul masalah pada SIM card, ketika SIM card dimasukkan dan power dinyalakan , muncul pesan 'SIM card is not accepted', jika kontak tidak pas dalam soket SIM card, muncul display 'Please insert SIM card'. Kerusakan lain yang mungkin terjadi :
SIM card reader, periksalah apakah lempengan pada tempat SIM card tersebut bengkok atau kotor yang bisa mengganggu konseksitas dari SIM itu sendiri , gantilah jika anda rasa perlu
Periksalah dan ujilah resisten dan SIM lines ke ground, nilainya wharusnya tidak kurang dari 200kS
Periksa dan uji apakah tegangan VSIM naik menjadi 3/5 volt setelah ponsel anda nyalakan. Jika tegangan VSIM cocok tetapi ponsel anda tidak dapat mengenali SIM card, periksa apakah SIM lines terhubungkan ke ground atau terputus, juga cek tampilan mekanik dari SlM reader. Jika tegangan VSIM idak meningkat pada nilai yang diharapkan, ganti IC Power (CCONT). Jika tetap salah setelah mengganti IC Power (CCONT), mungkin disebabkan jalur atau PCB yang rusak.
Jika "SlM card not accepted" tampil pada LCD ponsel anda, tetapi setting-SIM lock benar atau tidak ada SlM lock yang diset, maka IC Audio (COBBA) perlu diganti. Ingat bahwa anda harus menulis ulang data SIM lock dan tune nilai Rx/Tx setelah mengganti IC Audio (COBBA)
Ponsel tidak dapat melakukan panggilan
Problem : Ponsel tidak bisa dipakai melakukan panggilan meskipun indikator sinyal pada ponsel ada.
Prosedur perbaikan :
Periksa terlebih dahulu pengaturan pada menu ponsel 'Call Setting' dan 'Phone Setting'. Apakah pengaturan sudah benar?
Jika pengaturan sudah benar, maka kita lanjutkan dengan memeriksa jalur ke IC PA.
Jika jalur ke IC PA baik, uji IC PA itu sendiri apakah masih berfungsi dengan baik, jika tidak berfungsi dengan baik gantilah IC PA.
Apabila IC PA sudah diganti namun masih tidak dapat melakukan panggilan, kita uji ponsel mencari jaringan dengan cara manual, bila ponsel terkadang bisa mencari tetapi terkadang tidak, panasi IC RF (HAGAR) terlebih dahulu, bila masalah tetap ada maka gantilah IC RF (HAGAR)
Flash ulang ponsel.

PONSEL TIDAK BERGETAR
Untuk ponsel yang fasilitas getarnya tidak berfungsi, kita perlu melakukan pengetesan baik pada komponen VIBRA maupun pada jalurnya. Langkah pengetesan adalah sebagai berikut :
Dengan multitester manual skala x 1 kita hubungan kabel multitester dengan kutub-kutub positif dan negatif dari komponen VIBRA, bila komponen VIBRA bergetar maka komponen dalam keadaan baik, tetapi bila komponen VIBRA tidak bergetar maka kita perlu mengganti komponen VIBRA yang rusak tersebut
Selanjutnya kita mengetes jalur komponen VIBRA jika komponen VIBRA tidak rusak.. Tetap dengan menggunakan alat multitester manual skala x1k kita hubungkan kabel-kabel multitester dengan interface komponen VIBRA, bila saat kita hubungkan ada pergerakan jarum multitester, maka jalur tidak rusak, sebaliknya bila tidak ada pergerakan jarum multitester berarti jalur terputus. Kita bisa melakukan sistem jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen VIBRA. Periksa dan ujilah juga apakah jalur positif (+) dari battery menuju ke VIBRA dalam keadaan baik, jika jalurnya terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi. Setelah dilakukan jumper maka fasilitas getar berfungsi kembali.
Jika komponen maupun jalur VIBRA sudah baik, tetapi ponsel tetap tidak bisa bergetar, maka coba anda periksa dan uji apakah IC UI masih baik. Jika masih baik, maka cukup panasi saja IC UI dengan blower
Jika ternyata IC UI anda yang lama sudah rusak, maka gantilah dengan IC UI yang baru
Fungsi vibrat pada ponsel anda akan berfungsi kembali
PONSEL MATI SAAT TELPONE
Problem: Pada kasus ini, ponsel kita tiba-tiba saja mati (auto power-off) tanpa kita ketahui dan kita ingini.
Prosedur perbaikan:
Pertama kali kita uji terlebih dahulu battery kita apakah masih baik. Lepaskan battery yang lama, kita uji dengan menggunakan multitester, apabila dalam pengujian ternyata battery sudah rusak, maka gantilah dengan bat¬tery yang baru, tetapi bila battery masih baik, pasangkan kembali battery yang lama pada ponsel, lalu coba hidupkan ponsel.
Periksalah juga konektor daripada battery, lihat apakah ada karat pada kuningan konektor battery yang juga bisa sebagai penghambat (isolator) Dari battery pada ponsel, juga uji tingkat kelenturan dari konektor batry tersebut dengan cara menekan-nekan konektor battery-nya, jika tingkat kelenturannya kita rasa sudah tidak normal atau rusak, maka kita perlu mengganti konektor battery ini. Sebab dengan konektor battery yang sudah tidak normal atau rusak maka posisi battery pada ponsel tidak terkunci dan sudah berubah-ubah saat kita membawa ponsel. Dengan posisi battery yang sudah berubah-ubah inilah yang mengakibatkan terputusnya koneksitas arus dari battery menuju ponsel yang mengakibatkan ponsel mati dengan sen¬dirinya (auto power-off).
Setelah kita uji battery dan konektornya tidak ada masalah pada ke¬duanya, maka selanjutnya kita coba isi ulang (charge) battery pada ponsel, apabila indikator proses isi ulang (charge) battery tampil pada layar ponsel tetapi ponsel tetap tidak bisa dinyalakan, maka dengan pasti kita mengetahui penyebab dari ponsel tidak bisa dinyalakan tadi adalah karena gangguan dari IC PA-nya.
Lepaskan IC PA pada ponsel anda, lalu coba ponsel anda dinyalakan kembali, ponsel anda pasti bisa nyala, maka supaya ponsel anda ada sinyalnya harus dipasangkan kembali IC PA yang baru.
Namun bila saat kita isi ulang (battery) pada ponsel dan indikator proses isi ulang (charge) battery tidak tampil pada layar ponsel, juga waktu ponsel di nyalakan ponsel tidak mau nyala, maka kita perlu melakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut dengan menggunakan power supply (PS). Namun pada kasus tertentu ada juga kemungkinan terdapat timah yang jelek atau penyolderan yang kurang baik kaki-kaki IC PA pada PCB (koneksitas dari IC PA pada PCB terganggu atau terputus). Solusinya kita cabut IC PA pada PCB-nya terlebih dahulu, lalu bersihkan timah-timah pada PCB dimana IC PA tersebut menempel dengan cairan pembersih IPA, rapikan kembali timah¬-timah pada kaki-kaki IC PA, pasang kembali IC PA yang lama, nyalakan ponsel, maka ponsel pasti nyala kembali.
Selanjutnya kita memeriksa dan menguji ponsel dengan menggunakan power supply (PS), perlu diingat power supply yang akan kita gunakan untuk memeriksa dan menguji ponsel haruslah mempunyai skala ampere sebesar I ( satu) ampere atau 1000 (seribu) mili ampere, hal ini dimaksudkan supaya membaca hasil pemeriksaan dan pengujian lebih mudah dan jelas karena sensitifitas yang cukup dari power supply (PS) itu sendiri.
Pasangkan kabel dari power supply (PS) ke konektor battery pada ponsel kita dengan urutan sebagai berikut : warna hitam kabel power supply ke kutub negatif konektor battery, warna hijau kabel power supply ke kutub BSI (Battery System Information) konektor battery, warna kuning kabel power supply ke kutub temperatur konektor battery, dan warna merah kabel power supply ke kutub positif konektor battery. Perlu diingat bahwa dalam menghubungkan antara ponsel dengan power supply diperlukan minimal 3 kabel
Biasakan sebelum power supply dinyalakan, jangan lupa arahkan terlebih dahulu tegangan (volt) power supply pada 0 V, hal ini bertujuan untuk mencegah kelalaian kita memberikan tegangan (volt) yang terlalu besar pada ponsel yang hanya mengakibatkan ponsel kita bertambah parah kerusakannya
Setelah itu barulah kita boleh mengarahkan tegangan (volt) pada po¬wer supply ke 3,6 V, disini karena kita memakai ponsel Nokia 3310 dimana tegangan yang dibutuhkan adalah 3,6 V, apabila ponsel yang anda periksa dan uji bukan Nokia 3310, maka perlu disesuaikan tegangan (volt) yang dibutuhkan ponsel, dengan toleransi hanyalah 0,5 V. lebih dari toleransi itu akan mengakibatkan ponsel anda rusak.
Saat ponsel dalam keadaan mati (off), lalu tekan tombol 'on' pada ponsel untuk menyalakan ponsel. Lihatlah jarum ampere pada power supply pada saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, jika jarum ampere diam saja tidak bergerak berarti problem terletak pada hardwarenya ponsel. Untuk problem hardware perlu dilakukan pemeriksaan dan pengujian dari modul 'on/off sampai pada battery ponsel itu sendiri.
Lihatlah jarum ampere pada power supply pada saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, jika jarum ampere naik sekitar ± 50 mili ampere berarti problem terletak pada software ponsel. Yang perlu kita lakukan adalah ponsel tersebut diprogram ulang (flash) sesuai dengan jenis dan versi ponsel saat ini atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ponsel kita ke versi software yang lebih tinggi dari versi sebelumnya.
Nyalakan ponsel, ponsel pasti nyala.
Ponsel mati saat melakukan panggilan
Problem : Pada saat kita melakukan panggilan dengan ponsel kita, maka tiba-tiba ponsel kita mati.
Prosedur perbaikan :
Gunakan power supply, saat ponsel anda masih dalam keadaan mati (off) maka lihatlah jarum ampere pada power supply tidak akan bergerak.
Namun saat kita menyalakan ponsel kita dan melakukan panggilan dengan ponsel kita, maka kita akan lihat jarum ampere akan menunjukkan angka diatas 400 mili ampere, sedangkan angka normal pada saat ponsel melakukan panggilan adalah dibawah angka 400 mili ampere.
Lakukan pergantian pada IC PA dengan IC PA yang baru.
Setelah itu kita lakukan pemeriksaan dan pengujian ulang pada ponsel scperti yang diatas, apabila sekarang hasil atau jarum ampere berada dibawah nilai 400 mili ampere, maka ponsel sudah dalam keadaan baik.
Nyalakan ponsel, maka ponsel akan berfungsi baik kembali.
FUNGSI POWER SUPLY
SebagaiAlatCharger
Solusi:
Setting voltage power supply sesuai dengan voltage out put TC (Travel Charger)
Colokkan kabel TC power supply pada hand phone
SebagaiAlatKejutBatrei
Solusi :
Setting voltage power supply ke 12V kemudian matikan
Colokkan kabel ( + ) PS pada ( + ) batrei, kabel ( - ) PS pada ( - ) batrei.
Hidupkan power supply, maka proses pengejutan batrei berlangsung dan tunggu sampai turun dua setrip
SebagaiPenggantiTeganganVoltage
Untuk menganalisa kerusakan hand phone melalui test point diperlukan tegangan batrei. Sebagai pengganti tegangan batrei tersebut kita bias menggunakan power supply.
Solusi :
Jumper parallel mesin /PCB bagian ( BSI, Btem dan - ) dan beri kabel sebagai tempat colokan pada Vbatt
Setting voltage power supply sesuai tegangan batrei. Matikan dan colokkan kabel merah pada ( + ) dan hitam pada ( - )
Hidupkan power supply dan tekan switch on/off hand phone
SebagaiAnalisaKerusakanHandPhone
Pada posisi hand phone normal, apabila kita uji menggunakan power supply maka tegangan yang dihasilkan akan menunjukkan nilai tegangan yang naik turun antara 0,15 sampai dengan 0,2
Solusi :
Setting voltage power supply sesuai tegangan batrei, kemudian matikan
Colokkan kabel power supply pada konektor batrei sesuai dengan tempatnya
Hidupkan power supply, tekan switch on/off hand phone dan analisa pergerakan jarum amper power supply, sebagai berikut:
Pergerakan jarum amper pada posisi 0,15 merupakan posisi Power.Trouble Shooting:
Jika switch on/off ditekan jarum amper naik dan langsung turun ke 0, IC Power bermasalah
Jika switch on/off ditekan jarum amper naik, diam lalu turun ke 0 atau diam terus di atas 0, kasus memori program
Jika switch on/off ditekan jarum amper naik turun-naik turun tetapi hand phon tidak memberikan tanda-tanda kehidupan, kasus memori program.
Jika switch on/off ditekan jarum amper diam tidak bergerak.
Cek:
Switch on/off.
Jalur on/off
Tegangan pada resistor on/off
Pergerakan jarum amper pada posisi 0,25 merupakan posisi CPU
Pergerakan jarum amper pada posisi 0,17 merupakan posisi RX (reiceiver/penerimaan)
Pergerakan jarum amper pada posisi 0,13 merupakan posisi TX (transmitter)
Jarum amper sudah ada nilai tegangan sebelum switch on/off ditekan berarti konslet
LAMPU PONSEL MATI
Ponsel yang tidak ada nyala lampu ataupun lampu led tidak menyala, maka terlebih dahulu kita perlu melakukan pemeriksaan dan pengujian pada komponen LED beserta jalurnya terputus atau tidak. Untuk melakukan pengetesan kita bisa melakukan :
Kita gunakan multitester manual dengan skala xl pada kaki-kaki LED, tetapi dengan kutub yang terbalik dengan kabel-kabel dari multitester kita, atrtinya : kabel merah multitester dihubungkan dengan kutub negatif dari LED dan kabel hitam multitester dihubungkan dengan kutub positif dari LED
Setelah dihubungkan dengan multitester, apabila komponen LED dalam keadaan baik, maka LED akan langsung menyala, bila komponen LED anda rusak, maka komponen LED tidak bisa menyala sehingga anda perlu mengganti LED anda yang rusak dengan yang baru
Jika semua LED yang ada pada PCB ponsel anda sudah menyala semua saat anda periksa dan uji dengan menggunakan multitester namun saat ponsel anda dinyalakan tetapi lampu LED tetap tidak mau menyala maka periksalah apakah jalur positif (+) dari battery menuju lampu LED masih baik, jika jalurnya terputus lakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tersebut Setelah itu kita periksa apakah jalur dari IC Pengontrol (IC UI) menuju lampu LED juga masih baik, jika jalur ini terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi
Jika komponen maupun jalur LED keduanya sudah dalam keadaan baik, tetapi ponsel tetap tidak nyala lampu LED, maka coba periksa dan uji apakah IC Pengontrol (IC UI) masih baik, jika ternyata IC Pengontrol (IC)

NO CARGING
Ada beberapa kemungkinan kerusakannya: Kerusakan terjadi pada alat isi ulang (charger) battery itu sendiri, cobalah alat charger anda pada ponsel lain yang sejenis untuk mengetahui rusak atau tidak. Battery pada ponsel anda sudah rusak juga bisa sehingga battery tidak mampu lagi diisi ulang. Periksalah apakah konektor pengisian ulang battery pada ponsel anda masih baik. Kemudian kita baru melakukan pemeriksaan dan pengujian pada ponsel itu sendiri.
Jika pada layar ponsel anda muncul pesan "Not Charging" atau ponsel melakukan proses isi ulang (charging) tetapi indikator isi ulang berjalan tanpa mengisi battery atau melakukan proses isi ulang (charging) tetapi indikator isi ulang diam saja maka bisa dipastikan IC Charge-nya yang rusak. Gantilah dengan IC Charge yang baru
Ponsel sudah selesai diisi ulang (battery full), tetapi indikator isi ulang tetap jalan terus, maka IC Power-nya yang rusak. Gantilah dengan IC Power yang baru
Ponsel sedang tidak dalam keadaan diisi ulang (charge), tetapi indikator isi ulang jalan terus, maka software (SW) yang rusak. Lakukan program ulang (flash) pada ponsel dengan versi yang sama.
Ponsel setiap akan dilakukan proses isi ulang (charge) selalu mati, maka IC Charge atau IC Power yang rusak. Lakukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut pada ponsel untuk menentukan apakah IC Charge atau IC Power yang rusak lalu gantilah IC Charge atau IC Power yang rusak tersebut.
Setelah mengisi ulang (charge) ponsel dengan charger, ada kebocoran listrik sebelum tombol power-on ditekan, ketika anda menekan tombol power-on, ponsel tidak menyala. Penyebab masalah itu adalah kebocoran listrik pada kapasitas power suplai. Sasarannya tetap IC Power, IC UI, IC PA yang terhubung dengan tegangan batteryt VBATT, unit-unit yang sering rusak dan dapat memunculkan permasalahan adalah IC Power, IC UI. Karena IC Power merupakan BGA, yaitu IC yang terintegrasi, maka metode yang biasanya dilakukan adalah melepaskan IC UI, kemudian mengisi ulang ( charge) kembali ponsel, perhatikan apakah ada kobocoran listrik. Jika tidak, berarti IC UI rusak; jika ada, berarti IC Power yang rusak. Permasalahan selesai, setelah dilakukan penggantian IC tersebut di atas.
Kita mengisi ulang (charge) ponsel, kemudian tekan tombol ON, tetapi ponsel tidak menyala, tidak ada arus listrik yang masuk ke ponsel. Jika demikian maka lakukan pengukuran pada R224, jika kedua ujungnya tidak mempunyai tegangan VBAT 3,2 V, berarti IC Power rusak atau ada penyolderan yang kurang baik pada IC power. Gantilah IC Power yang rusak atau lakukan penyolderan ulang pada IC Power
Cobalah dengan cara flash ulang ponsel anda
NO SIGNAL
Problem : Saat kita memasukkan SIM card lalu menyalakan ponsel, maka tidak ada sinyal ataupun jaringan yang muncul pada LCD ponsel.
Prosedur perbaikan :
Periksalah terlebih dahulu komponen antena dan konektor antena, pastikan terhubung dengan baik. Apalagi bila ponsel anda merupakan ponsel dengan antena dalam, berhubungan dengan PCB atau mainboard melalui dua pointer kontak yang elastis, jika kedua pointer kontak ini mengalami kontak yang jelek, masalah yang muncul adalah tidak adanya jaringan (no network) dan penerimaan sinyal yang jelek bahkan sinyal hilang (no signal). Khususnya dengan mesin yang terbentur atau jatuh ke dalam air, kontak yang jelek dan oksidasi akan terjadi pada pointer kontak. Saklar antena adalah satu-satunya jalan untuk rnenerima dan mengirim sinyal, jika rusak atau penyolderan pin-nya rusak, akan muncul masalah tidak adanya network atau transmisi
Selanjutnya kita mencoba mencari jaringan pada ponsel dengan metode manual, jika dengan metode manual ini gagal dalam mencari jaringan, jadi kita bisa pastikan ada masalah dalam IC RF (HAGAR), gantilah IC RF (HAGAR) ini maka masalah akan selesai
Jaringan dapat dicari dengan metode manual tetapi kadang-kadang gagal, bahkan tidak dapat terhubung juga dengan jaringan. Gejala ini disebabkan masalah IC RF (HAGAR), IC AUDIO (COBBA). Jika modul COBBA menampakkan adanya kesalahan, kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyolderan BGA-nya dan unit-unit di sekitarnya yang buruk, atau kekurangan arus, sedangkan kebanyakan masalah HAGAR dikarenakan unit-unitnya buruk
Jika mencari jaringan dengan metode manual pada ponsel kita hanya mendapatkan 1 (satu) operator/penyedia jasa layanan selular saja, maka ada masalah dengan IC VCO, gantilah IC VCO ini maka masalah akan selesai
Apabila tidak ada masalah dengan metode manual, periksalah jalur arus dari battery ke IC PA, jika tidak ada masalah dengan jalur selanjutnya kita periksa apakah komponen IC PA berfungsi dengan baik. Kita bisa gunakan multitester untuk menguji IC PA, jika ternyata IC PA tidak berfungsi dengan baik, kita ganti IC PA ini maka masalah akan selesai
Setelah pengujian dan perbaikan pada hardware kita lakukan tetapi sinyal tetap tidak ada/hilang, maka kita beranjak pada softwarenya. Kita flash ponsel sesuai dengan jenis ponsel dan versi software ponsel sebelumnya ataupun dengan versi software yang lebih baru ( upgrade)
PONSEL BISU
Pada ponsel yang bisu, apabila ponsel kita pakai telepon, maka lawan bicara kita tidak bisa mendengar suara kita, kita bisa melakukan pemeriksaan dan pengujian pada komponen MIC dengan menggunakan multitester dengan langkah sebagai berikut :
Gunakan multitester yang manual pada skala xl, hubungan kabel kutub positif dan kabel kutub negatif dari multitester pada kaki-kaki komponen MIC, apabila jarum multitester bergerak maka komponen MIC dalam keadaan baik. Tetapi apabila jarum pada multitester tidak bergerak maka kita perlu mengganti komponen MIC tersebut, sebab komponen MIC yang rusak
Selanjutnya kita tes jalur dari komponen MIC. Untuk tes jalur kaponen MIC, kita juga gunakan multitester manual pada skala x1, hubungkan kabel multitester dengan interface MIC pada kutub positif dan negatif, apabila jarum multitester bergerak, maka jalur baik, tetapi bila jarum multitester tidak bergerak, maka jalur MIC terputus. Kita bisa lakukan sistem jumper untuk mengatasinya
Apabila jalur baik, coba panaskan IC Audio dengan menggunakan blower
Jika ponsel masih bisu, gantilah IC Audio dengan yang baru.
Setelah kita lakukan secara hardware tetapi ponsel masih bisu, maka kernsakan terdapat pada program (software) ponsel.
PONSEL JATUH
Problem : Tanpa sengaja ponsel kita terjatuh, karena ponsel terjatuh maka ponsel mati, setelah itu kita coba nyalakan kembali ponsel kita tetapi ponsel tidak mau nyala kembali alias mati total.
Prosedur perbaikan :
Kita tidak boleh langsung memeriksa dan menguji ponsel dengan power supply, hal ini dimaksudkan untuk mencegah hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel. Sebab kemungkinan besar setelah ponsel terjatuh maka letak daripada komponen ataupun modul dalam ponsel berubah dan tidak pada tempatnya, inilah yang dikuatirkan bisa menyebabkan hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel.
Jadi terlebih dahulu ponsel tersebut harus dibongkar, dipanasi (diblower), kemudian kita reposisi kembali letak atau posisi dari tiap-tiap komponen ataupun modul yang berubah letaknya sebagai akibat dari ponsel yang terjatuh tadi.
Setelah kita membongkar, memanasi, dan mereposisi semua letak komponen ataupun modul pada tempatnya maka barulah kita boleh menggunakan power supply untuk memeriksa dan menguji ponsel kita apakah kerusakan terletak pada softwarenya atau hardwarenya.
Kemungkinan besar komponen yang rusak sebagai akibat dari ponsel yang terjatuh tadi adalah IC PA atau IC Power.
Namun jika jarum skala ampere pada power supply naik sekitar ± 50 mili ampere saat tombol 'on' pada ponsel ditekan, berarti kerusakan terletak pada softwarenya ponsel. Kita lakukan program ulang (flash) pada ponsel sesuai dengan jenis dan versi ponsel anda saat ini atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ke versi software yang lebih tinggi dari versi ponsel anda sebelumnya.
Coba nyalakan ponsel anda kembali, ponsel anda pasti nyala
PONSEL MATI KARENA AIR
Problem: Dengan tanpa sengaja ponsel kita terkena air atau terendam air lalu ponsel kita mati, saat kita mencoba untuk menyalakan kembali ponsel kita tetapi ponsel kita tidak mau nyala sama sekali.
Prosedur perbaikan:
Kita tidak boleh langsung menggunakan power supply dalam memeriksa dan menguji ponsel. Sebab mempunyai resiko hubungan pendek antar komponen ataupun modul dalam ponsel dengan mediator air tersebut sebagai penghantar
Namun ponsel terlebih dahulu harus dikeringkan dari segala air yang masuk ke dalam ponsel, bisa dengan cara-cara sebagai berikut : ponsel dibongkar lalu dijemur, ponsel diblower dengan terlebih dahulu diberi cairan pembersih IPA , ponsel divakum dalam alat vakum dengan diberi cairan pembersih IPA lebih dulu, atau bisa juga digunakan butiran silika untuk menyerap air yang ada pada ponsel
Setelah ponsel dipastikan telah kering sungguh dari segala cairan, maka harulah kita boleh menggunakan power supply untuk mengetahui jenis kerusakan pada ponsel kita
Pada ponsel yang terkena air ataupun terendam air, biasanya terjadi kerusakan pada aksesoris ponselnya
Namun jika jarum ampere pada power supply naik ± 50 mili ampere saat tombol 'on' kita tekan, berarti jenis kerusakan terletak pada softwarenya ponsel. Kita lakukan program ulang (flash) pada ponsel sesuai dengan jenis dan versi ponsel anda saat ini atau kita bisa melakukan proses upgrade versi software ke versi software yang lebih tinggi dari versi ponsel anda sebelumnya
Nyalakan ponsel anda kembali, ponsel pasti nyala
CARA MEMBUKA PHONE LOCK/SECURIT CODE NOKIA
Jika Anda mengalami masalah “Phone lock”, maka tidak perlu panik, karena ada beberapa langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan cara:
Masukkan kode standar yang biasa digunakan yaitu 12345, 1234, 0000. 000000 dan 000000000. Jika belum berhasil, coba lakukan dengan angka bebas. Anda gak perlu khawatir melakukan kesalahan memasukkan kode kecuali ada tampilan peringatan batas uji cobanya, dari pengalaman biasanya terdapat pada ponsel Siemens. Khusus untuk ponsel Samsung bisa dilakukan reset EEPROM langsung dengan memasukkan kode *2767*2878# dalam kondisi ponsel hidup tanpa menggunakan simcard. Jika belum berhasil juga maka Anda dapat membawanya ke service center untuk membuka Phone Lock. Umumnya langkah perbaikan dilakukan dengan cara software, melanjutkan pengenalan cara menggunakan UFS TORNADO maka edisi kali ini kita akan mencoba memberikan langkah-langkah perbaikan software untuk mengatasi masalah ponsel yang terkunci oleh kode password (Phone Lock)
Membuka Phone Lock Nokia
DCT-3 (3610, 2100, 8210, 8250, 3310, 3315 … 6090)
Hubungkan ponsel dengan UFS tornado pada PC
Pastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik klik menu ‘check’ pada tampilan tornado di PC.
Pilih DCT 3
Klik jenis ponsel yang akan di unlock.
Klik reset user lock 2x
Lalu klik full factory default 2x
Tunggu sampai OK
Klik disconnect
Membuka Phone Lock Nokia DCT-4
(8310, 3300, 3530, 3510, 7210, 3100…)
Hubungkan ponsel dengan UFS tornado
Pastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik
Pilih DCT 4
Klik ponsel yang akan di unlock
Klik reset user lock 2x
Lalu klik full factory default 2x
Tunggu sampai OK
Klik disconnect
Langkah-langkah inipun dapat Anda lakukan untuk melakukan perbaikan Phone Lockk untuk jenis ponsel WD2 (N-Gage, N-GageQD, 3650, 3660, 6600, 7610,…) dan BB5 (6630, 6680, N70, N90…

KODE RAHASIA PONSEL
NOKIA
*#06# : Melihat nomor IMEI ( International Mobile Equipment Identity ).
*#0000# : Versi ponsel,software,tgl pembuatan software,tipe kompresi software.
*#9999# : Sebagai alternatif apabila kode *#0000# tidak berfungsi or *#0837#
*#7780# : Untuk mengembalikan ke settingan pabrik / Soft reset.
*#7370# : Full factory defaults (all user data reset)
*+#+power on : SX1 formating
3+*+send+power on : 6600 formating
5 + power on : Sendo X1 formating
*#7370925538# : S-60 (Reset) Default code is 12345
*#7328748263373738# : Reset Phone Code. Default code is 12345
*#3370# : Enable EFR (To disable, Type it again. Phone Automatically Restart)
*#2820# : Bluetooth device address
*#62209526# : Display the MAC address
#pw+1234567890+1# : Show if SIM restrictors.
*#4720# : Half rate Codec activation (To disable, Type it again)
*#3925538# : Delete the contents and code of wallet
*#67705646# : Mengganti operator logo pada 3310 dan 3330,
*#746025625# : Menampilkan status SIM Clock. Jika ponsel anda mendukung fitur penghematan energi, akan keluar tulisan “ SIM Clock Allowed”, artinya anda akan mendapat waktu stand by yang lebih.
*#30# : Menampilkan “private number” yang menghubungi anda.
*#73# : Mereset timer dan high score game. (hanya pada ponsel tertentu).
Xx# : Akses cepat ke nomer atau nama pada address book anda.
*#21# : Mengecek nomer pengalihan “ All calls “
*#43# : Mengecek status “Call waiting”.
*#335738# : Delset
*#92702689# :All Manufacture (Warranty)
Below are some reset codes for various Series 40, 60 and the new Series 80 Communicator series (Nokia 9300/9500):
Full Reset: (clears everything off the phone memory!! Be sure to back up your contacts!!): *#7370#, 12345 and then Yes.
Soft Reset: *#7780#, 12345 and then Yes. (Also works on Nokia S40 phones as a full reset)
*#335738#
*#delset#
This deletes the Email, GPRS, MMS settings that cannot be erased via phone options. (Newer Series 40 phones only i.e. 6230(b))

SONY ERICSON
*#06# : Melihat IMEi
*#0000# : Mereset kembali ke bahasa Inggris
>*<<*<* : Service menu, menampilkan versi software ponsel,. Tekan tombol Yes berulang kali untuk melihat semua data software dan tekan > untk melihat semua teks yang terdapat pada ponsel.
<**< : Untuk mengunci SIM Card. > * < < * < * : Service menu < * * < : Lock menu SAMSUNG *#1234# :SW Version *#2222# :HW Version *#0842# :Vibrator Test *#0289# :Buzzer Test *#0228# :Battery Statue *#0782# :RTC Display *#0523# :LCD Contrast *#0377# :NVM error Log *#5646# :Logo set *#0778# :SIM Service Table *#0638# :SIM Network ID *#0746# :SIM Info *#076# : Production no *#2576# :SIM errors Lock Manager *2767*2878# :EPROM Reset *2767*3855# :Master Reset *#2767*63342# :Media Reset *2767*667# :MMS reset *2767*927# :WAP Reset If you’re Phone will not reset by using those code: Memory info: * # 0 3 7 7 # or * # 0 2 4 6 # Battery status: * # 9 9 9 8 * 2 2 8 # Change sound of alarm: *#9998*289# Vibra test: *#9998*842# *2767*637# *#9998*3323# *#9998*627837793# *2767*7822573738# #*7337# - UNLOCK *2767*688# - UNLOCK *#0523# - CONTRAST *#9998*523# - CONTRAST *#8999*8378# - Service Menu (X100) Unlock Code Model: Samsung SGH-E715 Turn off the phone. Put a non-accepted SIM Card and turn it on. Type *#9998*3323#. Press Exit. Choose menu #7. After phone reboots type *0141# and hit the Call button. Turn off and insert another SIM Card. Turn on. The code is 00000000. Model: Samsung SGH-M100 Type *#9998*627837793#. Then type *#9998*737#. Press >/ [] (Play Stop) until phone shows NCK/SPCK number. Press Exit. Type #0111*CODE# (Code is the last 8 digits of the NCK/SPCK)
Model: Samsung SGH-S105
Remove SIM Card. Enter *2767*7822573738# and after phone reboots, enter #0111*00000000#
Model: Samsung SGH-S307
Turn off the phone. Put a non-accepted SIM Card and turn it on. Type *#9998*3323#. Press Exit. Choose menu #7. After phone reboots type *0141# and hit the Call button. Turn off and insert another SIM Card. Turn on. The code is 00000000.
Model: Samsung SGH-X100
Turn off the phone. Put a non-accepted SIM Card and turn it on. Type *#9998*3323#. Press Exit. Choose menu #7. After phone reboots type *0141# and hit the Call button. Turn off and insert another SIM Card. Turn on. The code is 00000000.
Model: Samsung Universal
TEMPORARY UNLOCK:
Put a non-accepted SIM Card and turn it on. Type *#9998*3323#. Press Exit. You will get a new menu. Select Malloc Fail.
In newer phones:
#*7337#

SIEMENS
S6, S8:
If you add to phonebook under 'own phone number' +12022243121 with namez (for example MMI), then you will see something :)
S10, E10:
In phonebook enter +12022243121 as your own phone no. You will see a picture with sun, two palms and greetings.
S15e:
Monitor Mode:
Code: *#7436267*8378# (*#SIEMENS*TEST#)
Hold red phone button until it code disapears.
Menu 3.3.4 Choose frequency.
Menu 3.3.4.1 Automaticaly.
Menu 3.3.4.2 Choose GSM-900
Menu 3.3.4.3 Choose GSM-1800
S25:
Enhanced Full Rate
*#3370# turns on
#3370# turns off
Haft Rate Mode
*#4720# turns on
#4720# turns off.
Languages:
*#0000#+green phone - choose automaticaly
*#0001#+green phone - English
*#0030#+green phone - Greek
*#0031#+green phone - Netherlands
*#0032#+green phone - French
*#0034#+green phone - Spanish
*#0039#+green phone - Italian
*#0049#+green phone - German
*#0090#+green phone - Turkish
How to change PIN2?
**04*old PIN2*new PIN2*new PIN2#
What is my software version?
Menu 8-8-2 press left-softkey when you see IMEI number, or *#06# and then green phone button and then press left soft-key.
How to extend battery life:
IrDA - turn on only when you need.
Turn off automatic network search (6-3)Turn off Vibration alarm.
C25:
Languages:
*#0000#+green phone - choose automaticaly
*#0001#+green phone - English
*#0030#+green phone - Greek
*#0031#+green phone - Netherlands
*#0032#+green phone - French
*#0034#+green phone - Spanish
*#0039#+green phone - Italian
*#0049#+green phone - German
*#0090#+green phone - Turkish
How to change PIN:
**04*old PIN*new PIN*new PIN#
How to check simlock status
*#0606# and then press left soft-key, you will see strange characters, then text ("brak blokad"). If you see for example 260-02, it means the phone is locked to Era GSM. In older models you can use *#06# and see the same information after clickin on left key (you will see IMEI and software version).

Secret Code’s For Cellular
MOTOROLA
Motorola
(T190, T191, T205) master code
- 19980722
- 20010903
**********
P2K test menu:
*#06#, menu, menu, 048263*
Test comands:
32*116*1*0*0 - read phone code
32*118*1*0*0 - read security code
18*0 - factory reset, phone code off
18*1 - master reset
54*18*1 - full phone reset
10*0*6 - select 900/1800
32*279*1*0*8 - model
32*383*1*0*0 - flex version
Hard reset MPX200, MPX220 - blue button + power on
IMEI number:*#06#
Note: [] (pause) means the * key held in until box appears.
[] [] [] 0 0 8 [] 1 [] : Select phone line - (use this to write things below the provider name)
[] [] [] 1 0 5 [] 1 [] : Add phonebook to main menu
[] [] [] 1 0 7 [] 1 [] : Add messages to main menu
[] [] [] 1 0 8 [] 1 [] : Copy SIM memory (phonebook menu)
[] [] [] 1 1 3 [] 1 [] : Eng Field options (main menu)
[] [] [] 1 0 1 [] 1 [] : Slow (Frequency of search menu)
[] [] [] 1 0 2 [] 1 [] : Medium (Frequency of search menu)
[] [] [] 1 0 3 [] 1 [] : Fast (Frequency of search menu)
[] [] [] 1 1 9 [] 1 [] : Enable EFR
[] [] [] # # # [] 1 [] : Function
[] [] [] 0 0 4 [] 1 [] : Change pin
[] [] [] 0 0 5 [] 1 [] : Unblocking using the “puk” number
There are lots of similar codes exist. If you change the last number to 0 you can deactive that code.
The 3 digit number at the middle are from 0 to 999.
I put the most interesting codes.
(EFR):Enhanced Full Rate Codec.
You can change GSM frequencies to 900/1800 by entering the enginnering model. Following the below steps:
enter menu and press 048263* quickly, then you will enter the secret engineering menu
under “Opcode”
input :
10*0*3 for GSM 900
10*0*4 for GSM 1800
10*0*5 for GSM 1900
10*0*6 for dual band GSM 900/1800
10*0*7 for dual band GSM 850/1900
LG
2945*#01*# :Secret menu for LG
*#06# :IMEI (ALL)
*#07# :IMEI and SW (LG 510)
*8375# :Software version (LG B1200)
*6861# :Recount cheksum (LG B1200)
1945#*5101# :Simlock menu (LG B1200)
2945#*5101# :Simlock menu (LG 510W, 5200)
2945#*70001# :Simlock menu (LG 7020, 7010)
2947#* :Simlock menu (LG 500, 600)
LG-U81XX SPECIAL CODES
Code to read phone version :
- Phone without SIM
- Enter 277634#*# or 47328545454#
- Select ‘SW Ver.info’
Code to reset phone :
- Phone without SIM
- Enter 277634#*# or 47328545454#
- Select ‘Factory Reset’
Code to enter UNLOCK MENU :
- Phone wit SIM inside
- Enter 2945#*88110#
Test Menu 8330 : 637664#*#
Test Menu 8180 V10a : 49857465454#
Test Menu 8180 V11a : 492662464663#
Test Menu 8130-8138 : 47328545454#
Test Menu 8110-8120 : 277634#*#
Try these codes at your own risk! We don’t accept any complaints. Some of these codes may not work.
PHILLIPS:
*#06# -> Displays imei
*#2254*# -> Status Register: C, BS, RR, MMI, CREAT
*#2255*# -> Activate & Deactivate the "DEBUG CALL"-
*#2558*# -> The time in days, hours & minutes you are connected to the net
*#2562*# -> Not Clear; the phone reconnects to the net
*#2565*# -> Not Clear; Warmstart?
*#3333*# -> (NO) BLOCKING - list (15 Items)
*#2377*# -> "BEER": not clear, the phone waits a random time and reconnects to the net,
sometimes the phone makes a reset
*#3377*# -> Init, Flags, SIM LCK
*#3353*# -> Resets the (NO) BLOCKING - list
*#7378*# -> Name, Length, SIM phase
*#7489*# -> SECURITY CODE
*#7693*# -> You can activate & deactivate the SLEEP MODE
(when deactivated the battery will go down)
*#7787*# -> Not clear: SPURIOUS INTERRUPT
*#7948*# -> SWITCH OFF: not clear; it is a timer or something
*#8463*# -> Some information about the SLEEP MODE
Philips Genie (TCD838)
*#2337*# -> Will activate the beep signal when the cellphone reconnected to the net
Service Codes

Alcatel
Master Codes
- 25228352
- 25228353
- 83227423 (TH3/4,BH4,BF5,BG3,BF3/4..)
###337*07# - master reset (with SIM)
###847# - factory reset (with SIM)
###728# - factory reset (with SIM)
Alcatel 835 formating - **0102#

Philips
#20021208# ok - 630 without SIM (erase flash)
*#7728*# - RSAV DONE
*#3849*# - ??? reboot
*#3851*# - ??? reboot
Philips 568 *01763*737381# - reset

Pantech
*01763*737381# - master reset (user data, user code) without SIM
*01763*8371# - SW version
*01763*6371# - UNLOCK
*01763*3641# - Menu

Panasonic
*01763*737381# - master reset (user data, user code) A100, A101, A102,G50, G51, G70, GD55..
*369#(*) - MENU
7, 4, 6, menu, menu - lock menu
*#9999# - 5 sec after power on - SW version (GD75, GD67, GD87..)

LG
2945#*# - service menu (code reset)(W3000 G5300 C1200 G7100...)
2945#(*)- hold (LG 500,600)
B1200 *+pwr, 6,6,8 Service Menu
B1300 *+pwr, 1,5,9 Service Menu
Security Removing Code For Lg 8110,8120.
47328545454#
Or
277634#*#

Huawei (cdma)
MASTER SECURITY CODE
-309296
-3092
-9296

Kode Tombol Rahasia Ponsel Nokia - Kunci Trik Cara Buka Secret Code Akses HP/Handphone/Telepon Selular/Seluler Nokia Anda
Berikut ini adalah kunci kode tombol rahasia yang dapat anda jalankan sendiri dengan mengetiknya di keypad hp ponsel anda yang bermerek Nokia baik yang cdma maupun yang gsm.
1. Melihat IMEI (International Mobile Equipment Identity)
Caranya tekan * # 0 6 #
2. Melihat versi software, tanggal pembuatan softwre dan jenis kompresi software
Caranya tekan * # 0 0 0 0 #
Jika tidak berhasil coba pencet * # 9 9 9 9 #
3. Melihat status call waiting
Caranya tekan * # 4 3 #
4. Melihat nomor / nomer private number yang menghubungi ponsel anda
Caranya tekan * # 3 0 #
5. Menampilkan nomer pengalihan telepon all calls
Caranya tekan * # 2 1 #
6. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena tidak anda jawab (call divert on)
Caranya tekan * # 6 1 #
7. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena di luar jangkauan (call divert on)
Caranya tekan * # 6 2 #
8. Melihat nomor penelepon pada pengalihan telepon karena sibuk (call divert on)
Caranya tekan * # 6 7 #
9. Merubah logo operator pada nokia type 3310 dan 3330
Caranya tekan * # 6 7 7 0 5 6 4 6 #
10. Menampilkan status sim clock
Caranya tekan * # 7 4 6 0 2 5 6 2 5 #
11. Berpindah ke profil profile ponsel anda
Caranya tekan tombol power off tanpa ditahan
12. Merubah seting hp nokia ke default atau pabrikan
Caranya tekan * # 7 7 8 0 #
13. Melakukan reset timer ponsel dan skor game ponsel nokia
Caranya tekan * # 7 3 #
14. Melihat status call waiting
Caranya tekan * # 4 3 #
15. Melihat kode pabrik atau factory code
Caranya tekan * # 7 7 6 0 #
16. Menampilkan serial number atau nomer seri hp, tanggal pembuatan, tanggal pembelian, tanggal servis terakhir, transfer user data. Untuk keluar ponsel harus direset kembali.
Caranya tekan * # 92702689 #
17. Melihat kode pengamanan ponsel anda
Caranya tekan * # 2 6 4 0 #
18. Melihat alamat ip perangkat keras bluetooth anda
Caranya tekan * # 2 8 2 0 #
19. Mengaktifkan EFR dengan kualitas suara terbaik namun boros energi batere. Untuk mematikan menggunakan kode yang sama.
Caranya tekan * # 3 3 7 0 #
20. Mengaktifkan EFR dengan kualitas suara terendah namun hemat energi batere. Untuk mematikan menggunakan kode yang sama.
Caranya tekan * # 4 7 2 0 #
21. Menuju isi phone book dengan cepat di handphone nokia
Caranya tekan nomer urut lalu # contoh : 150#
22. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk semua panggilan
Caranya tekan * * 2 1 * Nomor Tujuan #
23. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk panggilan yang tidak terjawab
Caranya tekan * * 6 1 * Nomor Tujuan #
24. Mengalihkan panggilan ke nomor yang dituju untuk panggilan ketika telepon hp anda sedang sibuk
Caranya tekan * * 6 7 * Nomor Tujuan #
Keterangan Tambahan :
- Kode diinput tanpa spasi
- Ada kode-kode nokia yang berlaku pada tipe tertentu saja

Dasar-dasar Diagram Handphone serta prinsip kerja Handphone
Skema atau Diagram handphone adalah skema gambar dari komponen yang terpasang pada papan (PCB) Handphone atau juga sering disebut mesin handphone. Dengan adanya diagram handphone, akan sangat mempermudah anda menentukan lokasi kerusakan pada handphone. Selain anda di haruskan dapat membaca diagram handphone, anda juga harus mengetahui prinsip kerjanya karena dengan mengetahui prinsip kerja handphone, tentunya anda lebih mudah menelusuri jalur pada diagram handphone serta jalur pada mesin handphone sehingga anda juga dapat menentukan lokasi kerusakan dan melakukan Repair Handphone secara tepat dan cepat. Untuk menjalankan bisnis repair handphone yang profesional, anda wajib mengetahui prinsip kerja serta dapat membaca diagram handphone, atau paling sedikit anda dapat membaca dasar-dasar diagram handphone.
Gambar Diagram Handphone bagian Power supply

Jika kita membaca diagram handphone, terbagi dalam beberapa bagian diantaranya adalah:
Bagian Base Band (rangkaian dasar) rangkaian ini merupakan rangkaian inti dari handphone, dari rangkaian inilah handphone bisa hidup ataupun bisa mati. Bisa dikatakan rangkaian ini merupakan motorik operasional kerja. Pada rangkaian ini terdapat komponen-komponen antara lain:
IC CCONVUEM
Memiliki peranan penting yang bertugas mensuplay dan menyetandarkan kebutuhan energi (voltase baterai) sesuai dengan kebutuhan masing masing komponen. Pada diagram handphone dapat kita analisa peranan dari IC CCONT yaitu:
Mensuplay power pada rangkaian Base Band dalam bentuk VBB.
Mensuplay power pada rangkaian Audio (dct.3) dalam bentuk VCobba.
Mensuplay power pada rangkaian Memory dalam bentuk Wore dan VPP/VFlash
Mensuplay power pada rangkaian Charger dalam bentuk VCharg
Mensuplay power pada rangkaian RF dalam bentuk VRX, VTX’ VRef, VSYN
Mensuplay power pada VCO (Oscilator) dalarn bentuk VCC
Mensuplay power pada X-TAL dalarn bentuk VCC
Mensuplay power pada Transistor dalam bentuk VCP
IC MEMORY
IC FLASH Memiliki fungsi sebagai penyimpan data memory yang bersifat permanent dari handphone. Tujuannya setiap melukan perubahan ataupun penambahan memory harus menggunakan perangkat computer serta peralatan hardware dan software.
IC RAM Memiliki fungsi sebagai penyimpan data memory yang bersifat tidak permanent, untuk perubahan dan pengesetannya bisa secara manual melalui keyped.
IC CPU Berfungsi sebagai pelaksana dari IC Flash dan IC RAM, yang mana memory dari IC ini merupakan perintah bagi IC CPU dan ditransmit ke LCD sebagai bentuk hasil yang bisa dilihat.
Bagian RF (Radio Frequency)
Bagian RF merupakan bagian fungsional dari handphone yang bertugas membangkitkan dan menciptakan gelombang dalam bentuk gelombang Reiceiver (RX), dan gelombang transmiter (TX) yang merupakan fungsi utama bagi handphone. Pada rangkaian RF ini terdapat komponen-komponen sebagai berikut: IC RF/HAGGAR Berfungsi sebagai pembangkit dan pengatur gelombang RX (Reiciver) dan gelombang TX (Transmiter), dimana dalam
tugasnya IC RF didukung oleh:
IC Audio/Cobba Bertugas sebagai pengolah bahan gelombang signal RX (Reiceiver) dan di transmit ke X-Tal. Dan tugas berikutnya merubah gelombang audio menjadi gelombang alfanumerik atau merubah gelombang alfanumerik ke gelombang audio.
X-TAL Bertugas merubah bahan gelombang RX (Reiceiver) dari IC COBBA menjadi gelombang yang standard yaitu 26 Mhz dan ditransmit ke IC RF/HAGGAR.
VCO (Oscilator) Bertugas membagi gelombang yang dihasilkan oleh X-TAL yang bernilai 26 Mhz dan dibagi kenilai setengahnya yaitu 13 Mhz dan kembalikan pada IC RF untuk diolah menjadi gelombang RX (Reiceiver) dalam skala 900 Mhz dan 1800 Mhz (untuk dual band) dan ditambah 1900 Mhz (untuk tri band).
Bagian Use Interface (UI) bertugas sebagai controller pada bagian-bagian:
Led lampu : pada bagian ini IC Ul bertugas menyalakan dan mematikan lampu sesuai dengan control pada IC CPU yang merupakan perintah bagi IC U1.
Vibrator (Getar) : pada bagian ini IC Ul mengontrol hidup dan matinya vibrator sesuai dengan control menu yang di kirim oleh IC CPU.
Buzzer (dering) : pada bagian ini IC Ul bertugas mengontrol hidup dan matinya dering sesuai dengan setting menu yang ada pada bagian memory handphone.

Gambar Block Diagram Handphone


ISTILAH DALAM UFS-3
MCU Sw = (Master Control Unit) berisi Data Utama ponsel –> versi / tgl / type / model dari ponsel yang sedang Connect. (jika Corrupt ponsel akan Matot, dsb)
PPM Sw = (Post Programmable Memory) berisi Data Paket Bahasa (harus sama versi dengan versi file MCU) (jika Corrupt ponsel akan Blank)
DSP Sw = (Data Signal Processor) berisi Data yang tersimpan dalam CPU MAD.
DSP ISw = berisi type ROM ponsel DCT3 dalam hal ini ROM5 (Maka MAD yang tercantum adalah v18)
PPM Lp = Language Pack L = Bahasa Indonesia (8210)
ASIC = Application Specific Integrated Circuit = CPU adalah MAD2WD1 yaitu CPU 8210/3310 DCT3
COBBA = IC Audio Nokia DCT3 dengan Hardware ID 31 dan Serial Number tersebut. Jika S/N = 00000000 maka COBBA rusak/tidak terdeteksi Prod. Id = kode produksi.
MsId = Mobile Serial Identity = kode Identitas dari ponsel.
IMEI Net = IMEI Net yang bisa diganti-ganti.
IMEI Osn = IMEI Original Serial Number (Imei yang tersimpan pada IC Flash) keduanya bisa diganti pada DCT3.
Security = kode pengaman/ Security Code pada ponsel Nokia.
Locks = Network lock : Mcc (Mobile Country Code) dan Mnc =Mobile Network Code) Kode Jaringan standar adalah 000-00. Selain kode itu maka ponsel dalam keadaan terkunci.
Tulisan ini merangkum pembacaan menu Info pada ponsel DCT-4, bisa dilihat pada deskripsinya sebagai berikut:

Prd.Cd = Product Code (bisa diubah agar sesuai Back Casing dengan menggunakan PM Edit)
Bpr Cd = Basic Product Code = sama dengan Prd.Cd
Pro. Sn = Product Serial Number
HW = Hardware ID ponsel tersebut
PCI = Peripheral Component Interconnect (jalur antar komponen)
UEM = Universal Energy Management ID = IC Power Nokia DCT4/WD2
UPP = Universal Phone Processor ID = CPU Nokia DCT4/WD2
RFIC = Radio Frequency IC ID = Identitas IC Signal Processor Nokia
DSP = Data Signal Processor ID
LCD = Type Liquid Crystal Display yang terpasang
IMEI = International Mobile Equipment Identity = No. IMEI ponsel.
SLconf= SIM Lock Configuration = Kode jaringan. Keadaan Standar adalah 001-01. selain itu maka ponsel dalam keadaan terkunci
SLprof = SIM Lock Proof
SLvar = SIM Lock variable
SLaux = SIM Lock auxiliary
Provider : Operator yang mengunci ponsel. Test Equipment adalah kondisi normal (tidak terkunci) Not found berarti keadaan terkunci (4 locks) dibawahnya adalah kode yang perlu ditekan pada ponsel untuk membuka kunci jaringan
PERSAMAAN KODE UEM
Nokia

Type UEM Fungsi UEM
UEM 4370825 Nokia Seri: 1100-2300-3510-3100-3510i-3600-3650-3660-5100-
6200-6310-6600-6610-8310-CDMA
UEM 4376001 Nokia Seri: 3100-6100-6610i
UEM 4370959 Nokia Seri: 3200-6220-7200
UEM 4376371 Nokia Seri: 3220-3230-6020-6102-6230-6260-6670-
7260-7270-7610
UEM 437B226 Nokia Seri: 3300-6170-7270-7260
UEM 4370805 Nokia Seri: 3510-6310-6510-8310-8910
UEM 4376401 Nokia Seri: 2300
UEM 4371701 Nokia Seri:5140
UEM 4370945 Nokia Seri: 6230
UEM 4376347 Nokia Seri: 6260-7610
UEM 4370841 Nokia Seri: 7210-7650
UEM OMAP T4377049 Nokia Seri: 6680
UEM 4370861 Nokia Seri: 7650
UEM 4377029 Nokia Seri: 9500








PERSAMAAN KABEL FLASH
Nokia 1100-1100a-1100b-1600-2300-2300a-2600-6030
Nokia 2100-3610-5210-8210-8250-8290-8850-8855-8890
Nokia 3100-3100b-3105-3125-6100-6108
Nokia 3200-3200b-6220-6610-6610i-7210-7250-7250i
Nokia 3220-3220b-6020-7260
Nokia 3300-3300b
Nokia 3310-3315-3330-3350-3390-3410-5510
Nokia 3510-3510i-3530
Nokia 3585-3586
Nokia 3600-3650-3660
Nokia 5100-5100a
Nokia 5110-5110i-5130-5190-6110-6130-6150-6190-6210-6250-7110
Nokia 6015-6016-6225-6585-6586
Nokia 6230-6230b
Nokia 6310-6310i-6340-6340i-6360-6370-6385
Nokia 6510-8310
Nokia 6670-7610-7610b
Nokia 6680-6681
Nokia 6800-6800a-6810
Nokia 6820-6820a
Nokia 8910-8910i
Nokia 9210-9210i-9290
Nokia 1110-1600-6030-6060-7380

PERSAMAAN LCD PADA PONSEL
PERSAMAAN LCD NOKIA..
Nokia 1600,2310,(6125,6136,N70(externe))
Nokia 2600,2650,2652,3200,5140,6220,7250i,3100,3120,6100 ,3200,5100,6610,6610i,7210
Nokia 2610,5140i,6030
Nokia 3220,7260,6020,6021, externe 9500,9300,9300i
Nokia 3300,6800
Nokia 5200,6070,6080
Nokia 5300,6233,6234,7370,E50
Nokia 6060,6101,6102,6103,6125,6136,6151,7360
Nokia lcd externe 6101,6102,6170,7270
Nokia lcd interne 6170,7270
Nokia 6270,6280,6288
Nokia 6630,6260,N91
Nokia 6680,N70,N72
Nokia 7610,6670
Nokia N71,N73,N93
2300 = 1100
6170 for 7270
N93 for N71 and N73
6270 for 6280
6680 for N70 and N72
6260 for 6630
3220 lcd for 9300 exterior lcd
7210 for 6100, 7250, 3100, 2650, 2600, 5140, 3120, 6610, 5100, 3200
6020, 3220 works on 9500 back screen
7610 = 6670, 6630, 3230
6101 = 6060, 6103
6300/7500/8600/6120c/6500c/E90 (small)
E65/5700/6110n
E65/5610/5700/6110/6110n/6500s/7500/8600 - 4851047
6233,6234/e50/7370/7373/5300 - 4850881
3110c - 4851058
1610 - 4850058
N95 - 4850998
N76/N93i - big LCD 4850969
E61 - 4850923
N80 - 4850933
N71/N73/N93/7500 - 48508
j230 = j220
T230=T290
с62 на se j300
K750=D750i=W700i=W800i Some times you will have some prob. If lcd is with old revision
K600,K608,V600
K790/k800/W850
M600,W950
S500=E100=D100
N600=N620
S200=S300
V200=P100=P400
E630=E830
R200=R210=R220=R225
С200=С200n=С210=С230=X140
C100=C110+patch
E630/E830
E800=E820
X160=X200
E710=E715
Q200=V200=S100 small LCD
1. A60, A62, A65,C60, M55, MC60, A75, AX75
M65,CX65,SX65,CX70, SK65,S65
A52,A55,A57,C55 Lcd is compatible but not cover
C45,A50,M50,MT50
C75- ME75
C65-C72-AX72=AX75
S75 - M75 - CX75- М81
CF110 =AL21
T191/T190/C200/C205
V300/500/525 - Small
V300=500=525=V550=600 External
V547, V551
C350, C450,С550, (V150 not tested)
T190, T191, C200, C205
E398, V360
L6, L7
C650/380/V180(big)/V220 not tested
E398, E1, E770
G1600=CС1100
LG C1100=LG G1600=LG C3100 (just С3100 not G3100) LG C1400=LG 7020
LG5200=LG5210
Sagem X6 , X7 , V75 , V65
Sagem X6-2 , V76
Sagem X3-2 , X2
SonyErricson K310 , K510
SonyErricson K750 , D750 , W800
sonyErricson J300 Siemens C62
Motorola V300, V500 ,V525 , V547 , V550
Motorola V180 , V220
Motorola T191, T190 , C200 , C205


PERSAMAAN LCD SONY ERICSSON
j230 = j220
T230=T290
с62 на se j300
K750=D750i=W700i=W800i
K600,K608,V600
K790/k800/W850
M600,W950
K310 , K510
K750 , D750 , W800
J300

PERSAMAAN LCD SAMSUNG
S500=E100=D100
N600=N620
S200=S300
V200=P100=P400
E630=E830
R200=R210=R220=R225
С200=С200n=С210=С230=X140
C100=C110+patch
E630/E830
E800=E820
X160=X200
E710=E715
Q200=V200=S100 small LCD

PERSAMAAN LCD SIEMENS
A60, A62, A65,C60, M55, MC60, A75, AX75
M65,CX65,SX65,CX70, SK65,S65
A52,A55,A57,C55 Lcd is compatible but not cover
C45,A50,M50,MT50
C75- ME75
C65-C72-AX72=AX75
S75 - M75 - CX75- М81
CF110 =AL21
Siemens C62

PERSAMAAN LCD MOTOROLLA
T191/T190/C200/C205
V300/500/525 - Small
V300=500=525=V550=600 External
V547, V551
C350, C450,С550, (V150 not tested)
T190, T191, C200, C205
E398, V360
V300, V500 ,V525 , V547 , V550
V180 , V220
T191, T190 , C200 , C205
L6, L7
C650/380/V180(big)/V220 not tested
E398, E1, E770

6 komentar:

  1. klo cara unlock siemens c55 gimana mas bro? hp siemens c55_ku g bisa di isi sim lain, help me please...

    BalasHapus
  2. Thanks banget bro infonya...lengkap sekali
    Kode Rahasia Handphone

    BalasHapus
  3. min saya mw minta tolong, lw hp nokia 1100 di masukkan kartu sim lalu di on kan g mau hidup, tetapi lw tidak memakai kartu sim hp mau hidup, apa nya yg salah tu min?

    BalasHapus
  4. hp nokia 110 macet tombol ... tolog solusi@ bosss,,,,,

    BalasHapus
  5. sangat2 membantu skali apalg tutorx lngkap.....bangettt...trima kasih tak terhingga....

    BalasHapus
  6. bro mau tanya, kalo nokia 5130c tulisan terbalik cari normalin lg kode rahasianya apa ya bro?

    thanks ya bro..

    BalasHapus